SILABUS
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 1
Standar Kompetensi : (Al Quran)
Memahami ayat-ayat Al Quran tentang kompetisi dalam kebaikan.
Kode Kompetensi :
1
Alokasi Waktu : 6 X
45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
SPESIFIKASI SOAL
|
NO SOAL
|
BUTIR SOAL
|
1.1
Membaca QS Al
Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32
1.2
Menjelaskan arti QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32
1.3
Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan
seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32
|
·
Mampu membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32
dengan baik dan benar
·
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan
Fatir : 32 dengan baik dan benar.
·
Mampu membuat contoh kata sesuai hukum tajwid.
·
Mampu mengartikan setiap kata yang terdapat dalam Q.S
Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.
·
Mampu
mengartikan ayat Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.
·
Mampu menterjemahkan Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir :
32
·
Mampu
menyimpulkan intisari QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32.
·
Mampu
mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Baqarah:
148 dan Fatir: 32
·
Mampu
mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung
dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.
·
Mampu
menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung
dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.
|
Al-Qur’an
Al-Qur’an
Al-Qur’an
|
·
Siswa mampu menunjukkan tajwid pada ayat yang
bergaris bawah.
·
Siswa mampu membuat contoh kata sesuai hukum
tajwid.
·
Siswa mampu mengartikan ayat per kata yang bergaris bawah.
·
Siswa mampu mengartikan ayat yang di garis bawah
·
Siswa mampu menunjukkan terjemahan ayat yang
benar pada QS.Al-Baqarah : 148
·
Siswa mampu memberikan kandungan yang terdapat
dalam Qs : Al-baqarah : 148
·
Siswa mampu mengelompokkan prilaku berkompetisi
dalam kebaikan sesuai Qs al-baqarah : 148 dan fatir : 32
·
Siswa Mampu
menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam
QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.
|
PG
ESSAY
PG
PG
ESSAY
PG
PG
|
C3
C3
C3
C3
C1
C2
C1
C2
|
1
16
2
3
4
17
5
6
|
وَلِكُلٍِّ وِجْهَة هُوَ مُوَلِّيْهَا ٌ
Hukum
bacaan yang terdapat pada kata yang bergaris bawah adalah…..
a.
Idgham Bigunnah
b.
Izhar khalqi
c.
Mad thabi'i
d.
Ihfa' haqiqi
e.
Idgam
bilaghunnah
Buatlah
contoh kata Mad Thabi’I yang terdapat pada Qs : Al-baqarah : 148?
وَلِكُلٍِّ وِجْهَةٌ هُوَ
مُوَلِّيْهَا,فَاسْتَبِقُ الْخَيْرَاتِ,أَيْنَ مَاتَكُوْنُوْايَأْتِ بِكُمُ الله
ُجَمِيِْعًا،
Kata
yang bergaris bawah diatas berarti……..
a.
Kiblat
b.
Menghadap
c.
Wajah
d.
arah
e.
tanah
ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِيْنَاصْطَفَيْنَ مِنْ عِبَدِنَا ,فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ
Ayat
yang bergaris bawah di atas mempunyai
arti…..
a.
Kemudian kitab itu Kami wariskan kepada
orang-orang yang Kami pilih.
b.
"Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya
(sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu sekalian
dalam berbuat kebaikan
c.
di mana saja kamu berada pasti Allah akan
mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa
atas segala sesuatu
d.
lalu diantara mereka ada yang menganiaya diri
mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu
berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar
e.
Kemudian kitab itu Kami wariskan kepada
orang-orang yang Kami pilih diantara hamba-hamba Kami,
وَلِكُلٍِّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا,فَاسْتَبِقُ الْخَيْرَاتِ,أَيْنَ
مَاتَكُوْنُوْايَأْتِ بِكُمُ الله ُجَمِيِْعًا،
اِنَّ الله َعَلَى كُلِّ شَيٍْ قَدِيْرٌ. (البقرة :148)
Terjemahan
ayat diatas adalah :
a.
Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri)
yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu sekalian dalam
berbuat kebaikan, di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu
sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala
sesuatu
b.
Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri)
yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu sekalian dalam
berbuat kebaikan, di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengetahuinya.
c.
Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri)
yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu sekalian dalam
berbuat kebaikan, di mana saja kamu berada pasti Allah akan
memperhitungkannya.
d.
Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri)
yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu sekalian dalam
berbuat kebaikan, di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengikutimu.
e.
Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri)
yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu sekalian dalam
berbuat kebaikan, di mana saja kamu berada pasti Allah akan bersamamu.
Hal apa
sajakah yang terkandung dalam Qs : Al-Baqarah : 148?
1.
Infaq
2.
Zakat
3.
menolong
teman tawuran.
4.
Sedeqah.
5.
membantu fakir miskin.
6.
menolong penebangan hutan.
Manakah
diantara pernyataan berikut yang sesuai dengan Qs : Al-baqarah : 148?
a.
1,2, dan 3
b.
3, 4 dan 5
c.
1, 5 dan 6
d.
3, 5 dan 6
e.
2, 3 dan 4
Salah satu bentuk berbuat baik adalah ....
a.
meringankan
penderitaan orang lain
b.
penggusuran
daerah kumuh dan miskin
c.
membantu teman tawuran
d.
Penggundulan hutan tanpa izin
e.
membelikan rokok untuk teman
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 1
Standar Kompetensi : (Al Quran)
Memahami ayat-ayat Al Quran tentang perintah menyantuni kaum dhu’afa
Kode Kompetensi : 2
Alokasi Waktu : 6 X 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
SPESIFIKASI SOAL
|
NO SOAL
|
BUTIR SOAL
|
2.1 Membaca QS Al Isra: 26–27 dan QS Al-Baqarah: 177
2.2
Menjelaskan
arti
QS Al-Isra: 26-27 dan QS Al
Baqarah: 177
2.3
Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa seperti
terkandung dalam QS Al-Isra: 26-27
dan QS Al Baqarah: 177
|
·
Mampu membaca
Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
·
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan
Al Baqarah : 177
·
Mampu membuat contoh kalimat sesuai dengan hukum
tajwid.
·
Mampu
mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
·
Mampu
mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
·
Mampu mendiskusikan terjemah Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
·
Mampu
mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung
dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
·
Mampu
mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra
: 26-27 dan Al Baqarah : 177
·
Mampu
menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa
seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah :
177
|
Al-Qur’an
Al-Qur’an
Al-Qur’an
|
·
Siswa mampu
mengidentifikasi hukum bacaan / tajwid QS
Al Isra’ : 26-27 .
·
Siswa mampu
mengidentifikasi hukum bacaan / tajwid QS Al Baqarah 177 .
·
Siswa mampu
menuliskan sebuah contoh dalam bentuk kalimat yang bertajwid mad thabi’i.
·
Siswa mampu mengartikan kata-kata yang bergaris
bawah.
·
Siswa mampu mengartikan
per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177.
·
Siswa mampu mengelompokkan prilaku menyantuni kaum
dhuafa berdasarkan Qs al-isra’:26-27 dan Al-Baqarah : 177.
·
Siswa Mampu mempraktikkan
perilaku menyantuni kaum dhu’afa
seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah :
177
·
Siswa mampu menunjukkan
mana-mana saja yang termasuk kedalam prilaku menyantuni kaum dhuafa.
|
PG
PG
ESSAY
ESSAY
ESSAY
PG
PG
PG
|
|
7
8
18
19
20
9
10
11
|
Yang
tidak termasuk Mad Thabi’I pada ayat
اِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَانُوْااِحْوَانَ الشَّيَاطِيْنِ
Adalah
:
a.
اِنَّ
الْمُبَذِّرِيْنَ
b.
اِنَّ
c.
كَانُوْ
d.
الْمُبَذِّرِيْنَ
e.
الشَّيَاطِيْنِ
وَالْمَغْرِبِ وَلكِنَّ الْبِرَّ مَنْ أمَنَ
بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلأَخِرِ
Hukum
bacaan pada ayat yang bergaris bawah adalah :
a.
Idgham Bila Gunnah
b.
Idgham Bigunnah
c.
Ikhfa Hakiki
d.
Mad Thabi’i
e.
Izhar Qamariah.
Tuliskanlah
contoh dari mad thabi’I berdasarkan Qs al-isra’26-27!
Kata
yang bergaris bawah berikut كَانُوْااِحْوَانَ
الشَّيَاطِيْنِ
Berarti?
وَاَتِ ذَاالْقُرْبَى حَقَّهُ وَالْمِسْكِيْنَ وَبْنَ
السَّبِيْلِ وَلاَ تُبَذِّرْ تَبْذِيْرًا, اِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَانُوْااِحْوَانَ الشَّيَاطِيْنِ, وَكَانَ السَّيْطَانُ لِرَبِّهِ
كَفُوْرًا. (الإسرأ: 26-27)
Terjemahkanlah
Ayat diatas!
orang-orang yang termasuk الْقُرْبَى
sesuai QS. Al-Isra' ayat 26 adalah......
a.
Orang-orang yang masih ada pertalian darah
dengan keluarga.
b.
Teman Akrab
c.
Tetangga Akrab
d.
Guru
e.
Sahabat
Apa yang
kamu lakukan jika ada seorang dhuafa meminta makanan yang hendak kamu makan?
a. Meminta maaf
karena kamu membutuhkannya.
b. Diam saja
c. Mengusirnya
pergi
d. Terus
memakan makanan itu.
e. Memberikan
makanan itu tanpa pikir panjang.
Dibawah
ini yang tidak termasuk sikap Menyantuni kaum dhuafa adalah :
a.
Memberi makan anak yatim
b.
Membelanjakan teman
c.
Berinfaq untuk anak yatim
d.
Bersedeqah kepada fakir
e.
Memberi uang orang miskin
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / 1
Standar Kompetensi :
(Aqidah) Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah.
Kode Kompetensi : 3
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
SPESIFIKASI SOAL
|
NO SOAL
|
BUTIR SOAL
|
3. 1 Menjelaskan tanda-tanda beriman
kepada Rasul-rasul Allah
3.2 Menunjukkan contoh-contoh
perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
·
Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul
Allah.
·
Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada
rasul-rasul Allah.
·
Mampu
menjelaskan sikap beriman kepada Rasul-rasul Allah.
·
Mampu
menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
|
Aqidah
Aqidah
|
·
Siswa mampu menjelaskan tanda beriman kepada
Rasul-rasul Allah.
·
Siswa Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada
rasul-rasul Allah.
·
Mampu
menjelaskan sikap beriman kepada Rasul-rasul Allah.
·
Siswa mampu menun jukkan contoh-contoh prilaku
beriman kepada rasul Allah.
|
PG
PG
PG
PG
|
|
12
13
14
15
|
Contoh perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul
Allah dalam kehidupan sehari-hari adalah kecuali:
a.
Berkomitmen
melaksanakan rukun Islam dengan sempurna, sepereti; bersyahadat, shalat,
puasa, zakat dan haji atau umrah
b.
Melaksanakan
perintah Allah di mulai sejak bangun tidur sampai akan tidur lagi
c.
Menjauhi
perbuatan yang dilarang Allah,
d.
Menjauhi
dengki, berselisih, membenci, bermusuhan, merusak
e.
Meninggalkan
Perintah Allah.
Pengamalan iman kepada rasul adalah melaksanakan
perintah Allah yang termasuk melaksanakan perintah Allah adalah ...
a.
memaafkan
kesalahan orang lain
b.
menunaikan
zakat
c.
berpuasa
d.
dengki
e.
merusak
Sikap beriman kepada Rasul dapat dilakukan dengan
mencontoh sifat Rasul.diantara sifat rasul itu adalah kecuali…..
a.
tablig
b.
amanah
c.
fathanah
d.
siddiq
e.
kazib
contoh prilaku beriman kepada Rasul yaitu :
a.
mempercayai
mukjizatnya
b.
dengki
c.
iri
d.
suka menghasut
e.
menjauhi
perintah Allah.
|
No comments:
Post a Comment