Sunday 1 April 2012

CIRI-CIRI PERKEMBANGAN 2

Ciri-ciri Perkembangan Individu


Untuk mempermudah memahami pengertian, prinsip dan aspek perkembangan individu, maka kita dapat mengenalinya melalui ciri-ciri perkembangan tersebut. Sebagaimana diungkapkan oleh Syamsu Yusuf dalam bukunya Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja antara lain :

a. Terjadi perubahan dalam aspek fisik dan aspek psikis. Contohnya perubahan tinggi dan berat badan serta organ tubuh lainnya sebagai pertumbuhan dalam aspel fisik. Dan semakin bertambahnya perbendahara-an kata, serta matangnya kemampuan berpikir, mengingat, dan imajinasi kreatifnya sebagai pertumbuhan dalam aspek psikisnya.

b. Terjadinya perubahan dalam proporsi aspek fisik dan aspek psikis. Contohnya, perubahan aspek fisik adalah proporsi tubuh anak berubah sesuai dengan fase perkembangannya, dan pada usia remaja proporsi tubuh anak mendekati proporsi tubuh remaja. Sedangkan contoh aspek psikis, perubahan imajinasi dari fantasi ke realitas, perubahan perhatian yang tertuju kepada dirinya beralih kepada orang lain atau teman sebaya.

c. Lenyapnya tanda-tanda lama, baik fisik maupun psikis. Contohnya, lenyapnya rambut-rambut halus dan gigi susu, itu tanda fisik, lenyapnya masa mengoceh, bentuk gerak kerik kanak-kanak (merangkak) dan perilaku impulsif atau dorongan untuk bertindak sebelum berpikir, itu sebagai tanda psikis.

d. Diperolehnya tanda-tanda yang baru, baik fisik maupun psikis. Misalnya pada usia remaja, karakteristik seksnya, wanita mendapatkan menstruasi, perubahan pada pinggul, buah dada, dan pria mimpi basah, kumis, jakun, suara. Tanda psikisnya, berkembangnya rasa ingin tahu, terutama yang berhubungan dengan seks, ilmu, nilai-nilai moral, dan keyakinan beragama. (Yusuf, 2003:16).http://www.anakluarbiasa.com/ArtikelAnakLuarBiasa/Detail/88/Ciri-ciri-Perkembangan-Individu.html

No comments:

Post a Comment