Friday 27 July 2012

Kisi-kisi okta


SILABUS
Nama Sekolah                       :  SMK
Mata Pelajaran                       :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                  :  XI / 1 
Standar Kompetensi            :  (Al Quran) Memahami ayat-ayat Al Quran tentang kompetisi dalam kebaikan.
Kode Kompetensi                                :  1
Alokasi Waktu                       :  6 X 45 menit


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

SPESIFIKASI SOAL

NO SOAL

BUTIR SOAL
1.1     Membaca  QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32








1.2     Menjelaskan arti QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32




























1.3     Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Fatir: 32







·         Mampu membaca Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar
·         Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.









·         Mampu membuat contoh kata sesuai hukum tajwid.





·          Mampu mengartikan setiap kata yang terdapat dalam Q.S Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32 dengan baik dan benar.




·          Mampu mengartikan ayat Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32.





























·          Mampu menterjemahkan Q.S. Al Baqarah : 148 dan Fatir : 32




























·          Mampu menyimpulkan intisari QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32.




·         Mampu mengidentifikasi perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS Al Baqarah: 148 dan Fatir: 32










·         Mampu mempraktikkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.
·         Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.


Al-Qur’an














Al-Qur’an















































Al-Qur’an





·         Siswa mampu menunjukkan tajwid pada ayat yang bergaris bawah.






·         Siswa mampu membuat contoh kata sesuai hukum tajwid.


·         Siswa mampu mengartikan ayat  per kata yang bergaris bawah.



·         Siswa mampu mengartikan ayat yang di garis bawah




























·         Siswa mampu menunjukkan terjemahan ayat yang benar pada QS.Al-Baqarah : 148

























·         Siswa mampu memberikan kandungan yang terdapat dalam Qs : Al-baqarah : 148

·         Siswa mampu mengelompokkan prilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai Qs al-baqarah : 148 dan fatir : 32











·         Siswa Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS Al Baqarah: 148 dan Fatir : 32.






PG










ESSAY















PG































PG






























ESSAY







PG


















PG





C3










C3






C3








C3































C1






























C2







C1


















C2





1










16





2









3































4






























17







5


















6




وَلِكُلٍِّ وِجْهَة هُوَ مُوَلِّيْهَا ٌ
Hukum bacaan yang terdapat pada kata yang bergaris bawah adalah…..
a.        Idgham Bigunnah
b.        Izhar khalqi
c.        Mad thabi'i
d.        Ihfa' haqiqi
e.        Idgam bilaghunnah


Buatlah contoh kata Mad Thabi’I yang terdapat pada Qs : Al-baqarah : 148?



وَلِكُلٍِّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا,فَاسْتَبِقُ الْخَيْرَاتِ,أَيْنَ مَاتَكُوْنُوْايَأْتِ بِكُمُ الله ُجَمِيِْعًا،
Kata yang bergaris bawah diatas berarti……..
a.        Kiblat
b.        Menghadap
c.        Wajah
d.        arah
e.        tanah

ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِيْنَاصْطَفَيْنَ مِنْ عِبَدِنَا ,فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ
Ayat yang bergaris bawah di atas  mempunyai arti…..
a.        Kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih.
b.        "Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu sekalian dalam berbuat kebaikan
c.        di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu
d.        lalu diantara mereka ada yang menganiaya diri mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan  dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar
e.        Kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih diantara hamba-hamba Kami,


وَلِكُلٍِّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا,فَاسْتَبِقُ الْخَيْرَاتِ,أَيْنَ مَاتَكُوْنُوْايَأْتِ بِكُمُ الله ُجَمِيِْعًا،
اِنَّ الله َعَلَى كُلِّ شَيٍْ قَدِيْرٌ. (البقرة :148)
Terjemahan ayat diatas adalah :
a.        Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu sekalian dalam berbuat kebaikan, di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu
b.        Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu sekalian dalam berbuat kebaikan, di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengetahuinya.
c.        Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu sekalian dalam berbuat kebaikan, di mana saja kamu berada pasti Allah akan memperhitungkannya.
d.        Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu sekalian dalam berbuat kebaikan, di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengikutimu.
e.        Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu sekalian dalam berbuat kebaikan, di mana saja kamu berada pasti Allah akan bersamamu.
Hal apa sajakah yang terkandung dalam Qs : Al-Baqarah : 148?






1.        Infaq
2.        Zakat
3.         menolong teman tawuran.
4.        Sedeqah.
5.        membantu fakir miskin.
6.        menolong penebangan hutan.
Manakah diantara pernyataan berikut yang sesuai dengan Qs : Al-baqarah : 148?
a.        1,2, dan 3
b.        3, 4 dan 5
c.        1, 5 dan 6
d.        3, 5 dan 6
e.        2, 3 dan 4






Salah satu bentuk berbuat baik adalah ....
a.        meringankan penderitaan orang lain
b.        penggusuran daerah kumuh dan miskin
c.         membantu teman tawuran              
d.         Penggundulan hutan tanpa izin
e.         membelikan rokok untuk teman











































SILABUS
Nama Sekolah                       :  SMK
Mata Pelajaran                       :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                  :  XI / 1 
Standar Kompetensi            :  (Al Quran) Memahami ayat-ayat Al Quran tentang perintah menyantuni kaum dhu’afa
Kode Kompetensi                                :  2
Alokasi Waktu                       :  6 X 45 menit



KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

SPESIFIKASI SOAL

NO SOAL

BUTIR SOAL
2.1 Membaca  QS Al Isra:  26–27 dan QS Al-Baqarah: 177










2.2     Menjelaskan
arti  QS Al-Isra: 26-27 dan  QS Al Baqarah: 177











2.3     Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa seperti terkandung dalam  QS Al-Isra: 26-27 dan  QS Al Baqarah: 177


·         Mampu membaca  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177 dengan baik dan benar
·         Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177







·         Mampu membuat contoh kalimat sesuai dengan hukum tajwid.




·         Mampu mengartikan per-kata Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177



·         Mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177





·         Mampu mendiskusikan terjemah  Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177


·         Mampu mengidentifikasi perilaku menyantuni kaum dhu’afa seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
·         Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
·         Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum dh’afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
Al-Qur’an
























Al-Qur’an






















Al-Qur’an





·         Siswa mampu mengidentifikasi hukum bacaan / tajwid QS  Al Isra’ : 26-27 .







·         Siswa mampu mengidentifikasi hukum bacaan / tajwid QS Al Baqarah 177 .



·         Siswa mampu  menuliskan sebuah contoh dalam bentuk kalimat  yang bertajwid mad thabi’i.
·         Siswa mampu mengartikan kata-kata yang bergaris bawah.
·         Siswa mampu mengartikan per-ayat Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177.








·         Siswa mampu mengelompokkan prilaku menyantuni kaum dhuafa berdasarkan Qs al-isra’:26-27 dan Al-Baqarah : 177.
·         Siswa Mampu mempraktikkan perilaku menyantuni kaum dhu’afa  seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Isra : 26-27 dan Al Baqarah : 177
·         Siswa mampu menunjukkan  mana-mana saja yang termasuk kedalam prilaku menyantuni kaum dhuafa.






PG











PG







ESSAY






ESSAY




ESSAY











PG








PG










PG







7











8








18





19





20










9








10










11




Yang tidak  termasuk Mad Thabi’I  pada ayat 
اِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَانُوْااِحْوَانَ الشَّيَاطِيْنِ
Adalah :
a.       اِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ
b.       اِنَّ
c.        كَانُوْ
d.       الْمُبَذِّرِيْنَ
e.        الشَّيَاطِيْنِ

وَالْمَغْرِبِ وَلكِنَّ الْبِرَّ مَنْ أمَنَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلأَخِرِ
Hukum bacaan pada ayat yang bergaris bawah adalah :
a.        Idgham Bila Gunnah
b.        Idgham Bigunnah
c.        Ikhfa Hakiki
d.        Mad Thabi’i
e.        Izhar Qamariah.

Tuliskanlah contoh dari mad thabi’I berdasarkan Qs al-isra’26-27!




Kata yang bergaris bawah berikut كَانُوْااِحْوَانَ الشَّيَاطِيْنِ
Berarti?

وَاَتِ ذَاالْقُرْبَى حَقَّهُ وَالْمِسْكِيْنَ وَبْنَ السَّبِيْلِ وَلاَ تُبَذِّرْ تَبْذِيْرًا, اِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَانُوْااِحْوَانَ الشَّيَاطِيْنِ, وَكَانَ السَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُوْرًا. (الإسرأ: 26-27)
Terjemahkanlah Ayat diatas!






orang-orang yang termasuk الْقُرْبَى  sesuai QS. Al-Isra' ayat 26 adalah......
a.  Orang-orang yang masih ada pertalian darah dengan keluarga.
b.  Teman Akrab
c.  Tetangga Akrab
d.  Guru
e.  Sahabat
Apa yang kamu lakukan jika ada seorang dhuafa meminta makanan yang hendak kamu makan?
a.  Meminta maaf karena kamu membutuhkannya.
b.  Diam saja
c.  Mengusirnya pergi
d.  Terus memakan makanan itu.
e.     Memberikan makanan itu tanpa pikir panjang.

Dibawah ini yang tidak termasuk sikap Menyantuni kaum dhuafa adalah :
a.        Memberi makan anak yatim
b.        Membelanjakan teman
c.        Berinfaq untuk anak yatim
d.        Bersedeqah kepada fakir
e.        Memberi uang orang miskin






SILABUS
Nama Sekolah                       :  SMK
Mata Pelajaran                       :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                  :  XI / 1
Standar Kompetensi            :  (Aqidah) Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah.
Kode Kompetensi                                :  3
Alokasi Waktu                       :  4 X 45 menit



KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

SPESIFIKASI SOAL

NO SOAL

BUTIR SOAL
3. 1  Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah



















3.2  Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah



·         Mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.














·         Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah.

·         Mampu menjelaskan sikap beriman kepada Rasul-rasul Allah.







·         Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.



Aqidah































Aqidah
·         Siswa mampu menjelaskan tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.












·         Siswa Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah.










·         Mampu menjelaskan sikap beriman kepada Rasul-rasul Allah.




·         Siswa mampu menun jukkan contoh-contoh prilaku beriman kepada rasul Allah.

PG
















PG














PG








PG






12
















13














14








15












Contoh perilaku yang mencerminkan keimanan kepada  Rasul-rasul  Allah dalam kehidupan sehari-hari adalah kecuali:
a.        Berkomitmen melaksanakan rukun Islam dengan sempurna, sepereti; bersyahadat, shalat, puasa, zakat dan haji atau umrah
b.        Melaksanakan perintah Allah di mulai sejak bangun tidur sampai akan tidur lagi
c.        Menjauhi perbuatan yang dilarang Allah,
d.        Menjauhi dengki, berselisih, membenci, bermusuhan, merusak
e.        Meninggalkan Perintah Allah.

Pengamalan  iman kepada rasul adalah melaksanakan perintah Allah yang termasuk melaksanakan perintah Allah adalah ...
a.        memaafkan kesalahan orang lain
b.        menunaikan zakat
c.        berpuasa                         
d.        dengki
e.        merusak






Sikap beriman kepada Rasul dapat dilakukan dengan mencontoh sifat Rasul.diantara sifat rasul itu adalah kecuali…..
a.        tablig
b.        amanah
c.        fathanah
d.        siddiq
e.        kazib
contoh prilaku beriman kepada Rasul yaitu :
a.  mempercayai mukjizatnya
b.  dengki
c.  iri
d.  suka menghasut
e.  menjauhi perintah Allah.




























No comments:

Post a Comment