Sunday 6 October 2013

LAPORAN KKN STAI YPI AL-IKHLAS PAINAN 2013




LAPORAN PELAKSANAAN
KULIAH KERJA NYATA (KKN)
KELOMPOK NAGARI BATU KUNIT LUMPO
KEC.IV JURAI KAB.PESISIR SELATAN



 






SUPERVISOR :
Hirdamli, SHI, M.Ag

DISUSUN OLEH :
Puji Berwandi (VII.G)
Ifza Fernanda ( VII.E)
Juliadi (VII.E)
Okhta Novia Sari (VII.G)
Nina Rama Safputri (VII.B)
Ayu Septia Indraini (VII.D)
Mega Febriyeni (VII.C)
Nurmi sahidah (VII.E)
Rika Pratiwi (VII.D)
Perari Putri (VII.A)
Mila Septria (VII.G)
Marina (VII.B)

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM  (STAI)
YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM (YPI) AL-IKHLAS PAINAN
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN AKADEMIK 2013
KATA PENGANTAR

بسم الله الرحمن الرحيم

            Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT karena atas rahmat dan hidayahnya jualah maka Laporan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa STAI YPI AL-IKHLAS PAINAN Tahun 2013 di Batu Kunit Lumpo Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.
            Setelah kurang lebih dua bulan lamanya kami melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tentunya banyak hal yang bisa dijadikan pengalaman bagi kami semua serta berguna dalam wacana pengembangan pola pikir ilmiah yang logis dan sistematis.
            Kami bangga karena dapat melaksanakan tugas akademik yang tidak terlepas dari berbagai pihak dalam memberikan bantuan, dukungan dan partisipasi dalam rangka mensukseskan kegiatan ini.
            Untuk ini sudah sepantasnya kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada :
1.       Bapak Syafriko,J.P selaku Wali Nagari Batu Kunit Lumpo beserta perangkatnya.
2.       Bapak ketua STAI YPI AL-IKHLAS PAINAN.
3.       Bapak Hirdamli, SHI, M.Ag selaku Supervisor KKN di Batu Kunit Lumpo.
Serta semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

                                                                         Sago,    Agustus 2013


                                                                               Tim Penyusun
 HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN
KULIAH KERJA NYATA STAI YPI AL-IKHLAS PAINAN
PERIODE 5 JUNI - 5 AGUSTUS 2013
KENAGARIAN BATU KUNIT LUMPO
KEC.IV JURAI KAB.PESISIR SELATAN
                              
·         Ketua              : Puji Berwandi (VII.G)
·         Sekretaris        : Perari Putri (VII.A)
·         Bendahara       : Marina (VII.B)
·         Anggota          :
v  Ifza Fernanda ( VII.E)
v  Juliadi (VII.E)
v  Okhta Novia Sari (VII.G)
v  Nina Rama Safputri (VII.B)
v  Rika Pratiwi (VII.D)
v  Ayu Septia Indraini (VII.D)
v  Nurmi sahidah (VII.E)
v  Mila Septria (VII.G)
v  Mega Febriyeni (VII.C)
Telah melaksanakan Kegiatan KKN di Kenagarian Batu Kunit Lumpo Kec.IV Jurai Kab.Pesisir Selatan dari tanggal 5 Juni – 5 agustus 2013. Hasil kegiatan termasuk dalam naskah laporan ini.

                                                                                         Sago,  Agustus 2013
           
Wali Kampung Batu Kunit
Wali Nagari Batu Kunit Lumpo





SYAMSIR





SYAFRIKO,J.P
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan




HIRDAMLI, SHI, M.Ag

DAFTAR ISI

HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
B.     DASAR HUKUM
C.     MAKSUD DAN TUJUAN KULIAH KERJA NYATA (KKN)
D.    PESERTA KKN
BAB II PROFIL LOKASI KULIAH KERJA NYATA
A.    SEJARAH NAGARI BATU KUNIT
B.     POTENSI
BAB III PERENCANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN
A.    PROGRAM FISIK
B.     PROGRAM KEGIATAN NON-FISIK
C.     PROGRAM TAMBAHAN
BAB IV PELAKSANAAN KEGIATAN
A.    PROGRAM FISIK
B.     PROGRAM KEGIATAN NON-FISIK
C.     PROGRAM TAMBAHAN
BAB   V  PENUTUP
A.    KESIMPULAN
LAMPIRAN


LAMPIRAN

A.    LAPORAN KEGIATAN KKN BATU KUNIT LUMPO.
B.     PROGRAM KKN DI KENAGARIAN BATU KUNIT LUMPO.
C.     DAFTAR PEMENANG CLASS MEETING DI SDN 17 BATU KUNIT.
D.    PROGRAM PESANTREN RAMADHAN DI SDN 17 BATU KUNIT LUMPO.
E.     DAFTAR ABSEN PESERTA KKN DI KENAGARIAN BATU KUNIT LUMPO
BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat di luar kampus. Sekaligus sebagai proses pembelajaran serta mengabdi kepada masyarakat yang sedang membangun dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang sedang dihadapi. KKN dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan misi dan bobot pendidikan pada mahasiswa untuk mendapat nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi.
KKN ( Kuliah Kerja Nyata) dilaksanakan dimasyarakat diluar kampus dengan maksud meningkatakan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan. Teknologi agama serta seni untuk melaksanakan pembangunan yang makin meningkat serta meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara landasan teori yang diperoleh dibangku perkuliahan untuk diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat secara nyata.         Bagi mahasiswa kegiatan KKN merupakan pengalaman belajar baru yang tidak diperoleh didalam kampus. Dengan selesainya KKN mahasiswa memiliki pengetahuan , kemampuan dan kesadaran baru tentang bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Secara sosiologis dalam kemandirian manusia bahwa interaksi sosial adalah kebutuhan yang paling mendasar dalam menjalankan proses hidupnya. Interaksi sosial ini terbangun sebagai konsekuensi logis dari kesadaran manusia bahwa kebutuhan pada sisi–sisi tertentu kemanusiannya tidak dapat tercapai tanpa interaksi dengan sesamanya. Artinya manusiapun harus cerdas untuk menemukan model komunikasi yang mampu menjawab segala kebutuhan-kebutuhan tersebut tanpa ada diskriminasi atau dengan kata lain komunikasi yang terbangun harus mampu mengakomodir semua kepentingan, menyatukan dan mensinergiskan gerakan segala elemen masyarakat dalam struktur sosial yang sangat kompleks.
Saling tolong-menolong, saling menghargai, adanya pengakuan terhadap hak-hak individu, munculnya simpati, empati dan kepedulian sosial serta segala bentuk tindakan sosial yang banyak kita saksikan dalam aktivitas keseharian kita adalah manifestasi dari cita-cita mulia untuk memenuhi kebutuhan manusia tersebut. Makanya pranata sosial yang terbangun dalam masyarakat (community) harus dapat menciptakan keteraturan sosial, menjamin stabilitas sosial, jaminan rasa aman yang di peroleh setiap anggota masyarakat, menciptakan suasana yang nyaman dan tentram serta jaminan keselamatan lain.
Institusi Pendidikan tinggi adalah adalah salah satu elemen Bangsa yang turut bertanggung jawab dalam usaha pencapaian cita-cita ideal Negara tersebut. Pendidikan tinggi merupakan benteng terakhir dalam menghadapi segala goncangan dan problematika kebangsaan. Pendidikan tinggi harus mampu berperan sebagai produsen pengetahuan, laboratorium pengujian kebenaran, menjaga aset pengetahuan, mampu mendiagnosa penyakit dan prolematika kebangsaan serta menformulasi resep alternatif yang solutif terhadap penyakit dan problematika tersebut, secara aktif dan kreatif menyusun metodologi yang proporsional dan profesional untuk mengaplikasikan segala gagasan dalam bentuk tindakan yang riil di masyarakat. Secara umum konsep operasional itu tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bentuk mengejawantahan tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat karena mahasiswa diberi kesempatan secara langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk mengaplikasikan segala bentuk pengetahuan yang telah diperoleh di perguruan tinggi sekaligus Kuliah Kerja Nyata adalah ruang pembelajaran yang baru bagi mahasiswa untuk pengembangan dirinya.
B.     DASAR HUKUM
Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang lahir dalam proses pembangunan, pada hakekatnya adalah pelaksanaan dari Falsafah Pendidikan yang berlandaskan Undang-undang Dasar 1945. Disamping itu, Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ini juga berdasarkan kepada perundangan-perundangan dan peraturan lainya, yaitu :
·         Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada hakekatnya adalah pelaksanaan dan merupakan falsafah pendidikan yang berlandaskan pada UUD 1945 dan UU No. 22 tahun 1961 dalam rangka pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi.
·         Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian integrasi dikurikulum pendidikan tinggi yang penerapannya berdasarkan amanat Presiden Republik Indonesia yang menganjurkan dan mendorong setiap mahasiswa untuk bekerja membentuk mayarakat, memecahkan persoalan pembangunan sebagai bagian dari kurikulumnya .
·         Ketetapan MPR No. 11/MPR/1973 tanggal 22 maret 1973 yaitu tentang Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) yang memuat persoalan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembinaan generasi muda.
·         Ketetapan MPR No. 11/MPR/1983 bahwa pendidikan dikembangkan peranannya yang antara lain diarahkan untuk mendidik mahasiswa agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi berjiwa penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap masa depan Bangsa dan Negara.
·         Amanat Presiden Republik Indonesia tanggal 15 Februari 1975
·         Pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan didalam kebijaksanaan dasar pengembangan pendidikan tinggi tanggal 17 februari 1975 yang isinya antara lain pendidikan tinggi harus menjadi penghubung antara lain pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dengan masyarakat.
·         Panduan pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
C.    MAKSUD DAN TUJUAN KULIAH KERJA NYATA (KKN)
Adapun Maksud dan Tujuan dari Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini adalah sebagai berikut :
1.      Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program studi strata satu di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al-Ikhlas Painan.
2.      Sebagai implementasi dari Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan & Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.
3.      Memberikan pengalaman belajar bagi Mahasiswa tentang pembangunan masyarakat dan pengalaman kerja nyata pembangunan.
4.      Menjadikan lebih dewasanya kepribadian Mahasiswa dan bertambah luasnya wawasan Mahasiswa.
5.      Memacu pembangunan masyarakat dengan menumbuhkan motivasi kekuatan sendiri.
6.       Mendekatkan Perguruan Tinggi kepada masyarakat, Menjalin relevansi Perguruan Tinggi dengan kebutuhan masyarakat.













D. PESERTA KKN
Peserta KKN Nagari Batu Kunit Lumpo  merupakan mahasiswa semester VII Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPI Al-Ikhlas Painan, berjumlah 12 orang terdiri dari 3 laki-laki dan 9 perempuan yaitu :

·         Ketua              : Puji Berwandi (VII.G)
·         Sekretaris        : Perari Putri (VII.A)
·         Bendahara       : Marina (VII.B)
·         Anggota          :
v  Ifza Fernanda ( VII.E)
v  Juliadi (VII.E)
v  Okhta Novia Sari (VII.G)
v  Nina Rama Safputri (VII.B)
v  Rika Pratiwi (VII.D)
v  Ayu Septia Indraini (VII.D)
v  Nurmi sahidah (VII.E)
v  Mila Septria (VII.G)
v  Mega Febriyeni (VII.C)










BAB II
PROFIL LOKASI KULIAH KERJA NYATA


A.    SEJARAH NAGARI BATU KUNIT
Menurut sejarah yang di dapat dari tutur para tertua nagari yaitu Bapak Ayub Dt.Rajo Mudo (Jorong Batu Kunik 1980) penduduk Nagari batu Kunit Lumpo berasal dari Bayang yang masyarakatnya hidup dari bertani. Sejalan dengan perkembangan penduduk yang semakin banyak, tuntutan akan kebutuhan lahan menjadi sangat penting dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka.
Pada awal abad ke-18, mereka berusaha mencari lahan baru dengan melewati perbukitan, yang merupakan jajaran bukit barisan. Diakhir perjalanan mereka melihat sebuah ranah yang sangat luas dan subur yang selama ini belum terjamah oleh tangan-tangan manusia.
Seiring dengan perkembangan waktu dan morfologi mereka memberi nama dengan sebutan kata Batu Kunit. Karena mereka sebelumnya pernah menemukan tumpukan-tumpukan batu-batu kecil yang berbentuk kunyit juga berwarna kuniang, sehingga pada waktu itu diberikan namanya jorong Batu Kunik (Kunit). Beberapa tahun kemudia, dengan pesatnya perkembangan penduduk sehingga memenuhi persyaratan untuk menjadi sebuah nagari, jadi pada tahun 2011 dengan adanya pemekaran Nagari sehingga kampung Batu Kunik di mekarkan menjadi Nagari Batu Kunit Lumpo.

B.     POTENSI
1.      Luas Wilayah
Nagari Batu Kunit Lumpo Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat mempunyai luas wilayah ± 10.000 hektar.


2.      Hasil-hasil Produksi Pertanian, Perkebunan,dan  Peternakan.
1)      Hasil produksi pertaniannya adalah:
a.         Padi
b.        Jagung
c.         Cabe
d.        Ubi Jalar

2)      Hasil produksi perkebunannya adalah:
a.         Kelapa
b.        Pohon Karet
c.         Pinang

3)      Peternakan
a.         Sapi
b.        Kerbau
c.         Ayam
d.        Kambing

4)      Sebagai penghasil batu air untuk pembangunan.


3.      Penduduk
a.      Jumlah Penduduk
Jumlah penduduk Nagari Batu Kunit Lumpo Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat berjumlah 221 Kepala keluarga (KK), dengan Jumlah Penduduk seluruhnya 886 orang.



b.      Kondisi pendidikan
Kondisi pendidikan masyarakat Nagari Batu Kunit Lumpo Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat adalah rata-rata telah menyelasaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA).

c.       Mata Pencaharian Utama
Secara umum mata pencaharian yang ada di Nagari Batu Kunit Lumpo Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat adalah pertanian, perkebunan dan persawahan.

d.      Batas – batas wilayah Nagari Batu K0unit Lumpo

BATAS
DESA/KELURAHAN
KECAMATAN
Sebelah utara
Puluik-puluik
Bayang Utara
Sebelah selatan
Tambang
IV Jurai
Sebelah timur
Limau Gadang Lumpo
IV Jurai
Sebelah Barat
Taratak Tengah Lumpo
IV Jurai












BAB III
PERENCANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN


Jenis program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN)  STAI YPI AL-IKHLAS PAINAN di Kenagarian Batu Kunit Lumpo Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan yang akan dilaksanakan didasarkan pada hasil rumusan bersama dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat yakni Kepala Kampung, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, toko agama, dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAI YPI AL-IKHLAS PAINAN.
Adapun perencanaan program kegiatan KKN antara lain :
1.       Program Kegiatan Fisik
a.    Gotong Royong di Kantor Wali Nagari Batu Kunit Lumpo.
b.   Gotong Royong di Posko KKN ( Rumah Bapak Wali Kampung Batu Kunik)
c.    Pembersihan WC dan Tempat berwudhu’ Masjid Mawahiburrahman.
d.   Gotong Royong di Mesjid Mawahiburrahman.

2.       Program Kegiatan Non-Fisik
          Adapun jenis program non fisik Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa STAI YPI AL-IKHLAS PAINAN adalah sebagai berikut:
a.       Silaturrahmi dengan Bapak Wali Nagari Batu Kunit Lumpo beserta perangkatnya.
b.      Silahturrahmi dengan Masyarakat Batu Kunit Lumpo.
c.       Pembinaan TPA/TPSA Mesjid Mawahiburrahman Batu Kunik Lumpo, seperti mengaktifkan kembali TPA/TPSA yang kurang aktif, mengadakan kembali didikan subuh, melatih TPA/TPSA Qasidah Rebana.
d.      Ikut serta berpartisipasi ke SDN 17 Batu Kunit Lumpo seperti mengadakan Class Meeting dan Pesantren Ramadhan.
e.       Ikut serta berpartisipasi mengadakan lomba MTQ di bulan Ramadhan 1434 H.
f.       Mengikuti program Majelis Ta’lim.

3.       Program Kegiatan Tambahan
a.       Khatib Jum’at.
b.       Memberikan Kultum setiap shalat subuh.
c.       Memberikan Ceramah di bulan Ramadhan.
d.      Ikut serta membantu di Posyandu.






















BAB IV
PELAKSANAAN KEGIATAN

                 Setelah merancang dan membuat suatu rencana program kemudian dibuat dalam suatu sistimatika program kerja yang legal dan baku sekaligus menyusun dalam bentuk akuntabel yang dilengkapi dengan Time Schedule atau  jadwal pelaksanaan serta uraian anggaran baik swadaya maupun swadana. Kemudian dilakasanakan oleh semua anggota kelompok KKN bersama masyarakat dan pemerintah Nagari Batu Kunit Lumpo.
A.    PROGRAM FISIK
1.      Gotong Royong di Kantor Wali Nagari Batu Kunit Lumpo.
Program ini dilaksanakan pada tanggal 13 juni 2013, yaitu pembangunan fondasi kantor Wali Nagari yang baru Batu Kunit Lumpo yang kegiatan ini dibantu oleh seluruh lapisan masyarakat Batu Kunit Lumpo.


                                                                    



Gambar 1.1
( Gotong Royong pembangunan Fondasi
di Kantor Wali Nagari Batu Kunit yang baru).


Gambar 1.2
( Mahasiswi KKN membagikan nasi bungkus untuk masyarakat
Batu Kunit dan sekaligus minta sumbangan dana
pembangunan kantor wali Nagari yang baru).
Selanjutnya gotong royong kedua kalinya di kantor Wali Nagari Batu Kunit yaitu pada tanggal 28 juni 2013 yaitu melanjutkan pembangunan fondasi.


Gambar 1.3
( Gotong Royong Melanjutkan Pembangunan Kantor Wali Nagari Batu Kunit).
2.      Gotong Royong di Posko KKN ( Rumah Bapak Wali Kampung Batu Kunik)
Program ini dilaksanakan pada tanggal 6 juni 2013, 29 juni 2013, dan tanggal 3 agustus 2013 yaitu gotong royong bersama membersihkan pekarangan posko KKN, serta membuat pagar di halaman posko KKN.


 










Gambar 2.1
(Mahasiswa KKN Sedang Membuat Pagar Halaman Posko KKN)


3.      Pembersihan WC dan Tempat berwudhu’ Masjid Mawahiburrahman.
Program ini dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2013, yaitu membersihkan seluruh tempat berwudhu’ dan WC mesjid Mawahiburrahman bersama santri TPA/TPSA mesjid Mawahiburrahman Batu Kunik.

4.      Gotong Royong di Mesjid Mawahiburrahman.
Program ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2013 bersama masyrakat batu kunik membersihkan mesjid mawahiburrahman serta mengangkat pasir untuk menimbun pekarangan di sekililing mesjid.




B.     PROGRAM KEGIATAN NON-FISIK
1.      Silaturrahmi dengan Bapak Wali Nagari Batu Kunit Lumpo beserta perangkatnya.
      Program ini dilakukan pada tanggal 5 Juni 2013 yaitu acara perkenalan diri kepada Bapak Wali Nagari beserta perangkatnya. Selanjutnya silahturrahmi dilakukan kembali pada tanggal 11 juni 2013 guna menanyakan apa-apa saja yang bisa peserta KKN bantu. Silahturrahmi bersama bapak Dosen Pembimbing lapangan pada tanggal 16 juli 2013.


 






Gambar 1.1
(Mahasiswa KKN Silahturrahmi ke Kantor Wali Nagari
Batu Kunit bersama Bapak Dosen Pembimbing Lapangan).

2.      Silahturrahmi dengan Masyarakat Batu Kunit Lumpo.
      Program ini dilakukan pada tanggal 8 juni 2013 yaitu silahturrahmi dengan masyarakat Batu Kunik serta memperkenalkan seluruh anggota KKN kepada masyarakat Batu Kunik Lumpo agar bisa menyesuaikan diri dan bersosialisasi dengan baik ditengah-tengah masyarakat Batu Kunit Lumpo.


3.      Pembinaan TPA/TPSA Mesjid Mawahiburrahman Batu Kunik Lumpo
      Program ini dilakukan pada tanggal 6 Juni 2013 – 2 Juli 2013,Yaitu :
-          Mengaktifkan kembali TPA/TPSA yang kurang aktif seperti mengajar mengaji dengan metode yang berbeda.
-          Mengadakan kembali didikan subuh, yang  merupakan suatu kegiatan yang dapat memberikan rangsangan dan motivasi bagi peserta didik untuk dapat menghafal do’a dan ayat-ayat pendek serta mempelajari ilmu agama dan ajang percobaan untuk belajar melaksanakan ceramah agama, serta melatih diri untuk dapat tampil dimuka umum, Kegiatan didikan subuh dilaksakan setiap hari Minggu pagi selesai melaksanakan shalat Subuh. Kegiatan ini berjalan dengan baik.  





 
Gambar 3.1
(Pembinaan TPA/TPSA pada acara didikan subuh).

-          Melatih TPA/TPSA Qasidah Rebana. Kegiatan ini dilakukan jam 14.00 – 14.30. Latihan Qasidah rebana bertujuan untuk melestarikan kesenian yang pada saat ini hampir dilupakan oleh para remaji karena pengaruh perkembangan zaman, melalui qasidah para remaji secara tidak langsung sudah dapat menyiarkan agama islam, karena didalam nyayiannya terdapat beberapa pelajaran tentang syiar islam.


Gambar 3.2
(Mahasiswa/I KKN sedang melatih TPA/TPSA
Mesjid Mawahiburrahman Qasidah Rebana).


4.      Ikut serta berpartisipasi ke SDN 17 Batu Kunit Lumpo
      Program ini dimulai pada tanggal 17 juni 2013 yaitu :
-          Mengadakan class meeting berupa lomba cerdas cermat dan lomba pacu karung, pada tanggal 19 juni 2013 yaitu mengadakan class meeting berupa lomba lari menggigit sendok sambil membawa kelereng, pada tanggal 22 juni 2013 yaitu penyerahan hadiah pemenang lomba class meeting dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Berikut rincian pelaksanaan program class meeting di SDN 17 Batu Kunit Lumpo :




NO
HARI/TANGGAL
ACARA PERLOMBAAN
PELAKSANA
1.       
Senin, 17 Juni 2013
-          Mengadakan lomba cerdas cermat yang diikuti oleh siswa kelas 3,4 dan 5.
-          Mengadakan lomba pacu karung yang diikuti oleh seluruh siswa dari kelas I-V
Seluruh Anggota KKN



Seluruh Anggota KKN
2.       
Rabu, 19 Juni 2013
Mengadakan lomba lari cepat menggigit sendok sambil membawa kelereng diikuti oleh siswa kelas I-V.
Seluruh Anggota KKN
3.       
Sabtu, 22 Juni 2013
Penerimaan Raport semester genap siswa/i SDN 17 Batu Kunit Lumpo sekaligus pengumuman pemenang lomba pada acara class meeting yang diadakan di SDN 17 Batu Kunit Lumpo.
Seluruh Anggota KKN


Gambar 4.1
(Lomba Pacu Karung di SDN 17 Batu Kunit dalam acara class meeting).



Gambar 4.2
(Lomba Cerdas Cermat dan Lomba Lari
Menggigit Sendok Berisi Kelereng pada acara calss meeting).

-          Pada bulan ramadhan diadakan kegiatan pesanten kilat yang mana pelaksanaannya dilaksanakan mulai tanggal 25 juli sampai dengan 31 juli tahun 2013 yang mana pematerinya adalah mahasiswa yang melakasakan KKN di Nagari Batu Kunit Lumpo. materi yang diajarkan bertemakan ibadah, seperti shalat dan puasa, akhlak, sejarah kebudayaan islam, dan Baca Tulis Al-Qur’an.   Program kerja ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.




Gambar 4.3
( Mahasiswa/i KKN sedang menyampaikan materi
pada pesantren ramadhan SDN 17 Batu Kunit)
      Berikut rincian pelaksanaan program pesantren ramadhan di SDN 17 Batu Kunit Lumpo :
  NO
  HARI/TANGGAL
    MATERI
   PEMATERI

1.       







2.       










3.       






4.       






5.       











6.       

Kamis, 25 Juli 2013







Jum’at, 26 Juli 2013










Sabtu, 27 Juli 2013






Senin, 29 Juli 2013






Selasa, 30 Juli 2013











Rabu, 31 Juli 2013

Ibadah ( puasa )
·         Pengertian Puasa
·         Tujuan puasa
·         Macam-macam Puasa
·         Hal-hal yang membatalkan Puasa


Ibadah ( Shalat )
·         Pengertian Shalat
·         Syarat sah Shalat
·         Macam-macam Shalat
·         Rukun Shalat
·         Manfaat Shalat
·         Tujuan Shalat



Akhlak
·         Pengertian Akhlak
·         Macam-macam Akhlak berserta contohnya


SKI
·         Kisah-kisah Nabi





BTA
·         Tajwid yang terkandung dalam QS.An-Nash,Al falaq,Al Ikhlas
·         Menjelaskan Makhrijul huruf yang terdapat dalam QS.An-Nash,Al falaq,Al ikhlas


·         Latihan Qasidah
·         Praktek Shalat jenazah
·         Latihan pildacil

-          Mila Septria
-          Mega Febriyeni






-          Marina
-          Nurmi Sahidah







-          Okhta Novia Sari
-          Ayu Septia Indraini



-          Puji Berwandi
-          Ifza Fernanda




-          Rika Pratiwi
-          Juliadi










-          Nina Rama Safputri
-          Perari Putri


5.      Mengadakan ( Musabaqah Tilawatil Qur’an ) MTQ di bulan Ramadhan 1434 H
        Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an merupakan kegiatan rutin Nagari yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Nuzul Qur’an dan untuk memotivasi untuk mempelajari cara membaca Al-qur’an dengan baik ,dengan beberapa cabang perlombaan, Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2013 dan para pesertanya berasal dari beberap Nagari Lumpo.
      Program ini dimulai pada tanggal 21 juli 2013, yaitu mengumpulkan dana (sumbangan) untuk MTQ dari rumah-rumah masyarakat, pada tanggal 22 juli 2013- 26 juli 2013  yaitu melatih qasidah rebana dan pildacil santri TPA/TPSA untuk persiapan tampil pada malam MTQ, pada tanggal 25 juli - 27 juli 2013, mendekorasi Mesjid Mawahiburrahman Batu Kunik dan pada tanggal 27 juli 2013 sebagai panitia MTQ sekaligus sebagai juri MTQ.

      Berikut  rincian pelaksanaan program MTQ di Mesjid Mawahiburrahman Batu Kunit Lumpo :
NO
HARI/TANGGAL
KEGIATAN
PELAKSANA
1.       
Jum’at, 19 Juli 2013
Rapat kepengurusan pengadaan MTQ.
Seluruh Anggota KKN
2.       
Minggu, 21 Juli 2013
Mengumpulkan dana untuk MTQ dari rumah-rumah masyarakat.
Seluruh Anggota KKN
3.       
Senin, 22 Juli 2013
Melatih qasidah rebana TPA/TPSA mesjid mawahiburrahman untuk persiapan tampil pada malam MTQ.
Seluruh Anggota KKN
4.       
Selasa, 23 Juli 2013
Melatih qasidah rebana TPA/TPSA mesjid mawahiburrahman untuk persiapan tampil pada malam MTQ.
Seluruh Anggota KKN
5.       
Rabu, 24 Juli 2013
Melatih TPA/TPSA Mesjid Mawahiburrahman ceramah/pidato pendek untuk persiapan lomba MTQ.
Seluruh Anggota KKN
6.       
Kamis, 25 Juli 2013
Mendekorasi Mesjid Mawahiburrahman untuk persiapan lomba MTQ.
Seluruh Anggota KKN
7.       
Jum’at, 26 Juli 2013
Mendekorasi Mesjid Mawahiburrahman untuk persiapan lomba MTQ.
Seluruh Anggota KKN
8.       
Sabtu, 27 Juli 2013
Acara Lomba MTQ.
Seluruh Anggota KKN



Gambar 5.1
(Mahasiswa/i KKN sebagai juri MTQ dan sebagai pembaca Kalam Ilahi
pada malam acara MTQ di mesjid Mawahiburrahman Batu Kunit)

6.      Mengikuti Program Majelis Ta’lim
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 juni 2013,13 juni 2013, dan 17 juni 2013 yaitu yasinan bersama ibu-ibu majelis ta’lim Batu Kunik Lumpo. Kegiatan ini dilaksanakan setelah shalat isya sampai jam 23.00 wib.
C.    PROGRAM TAMBAHAN
1.      Khatib Jum’at
      Program ini dilakukan pada tanggal 7 juni 2013 dan 21 juni 2013, yaitu mahasiswa KKN sebagai khatib jum’at.

2.      Memberikan Kultum selesai shalat subuh.
      Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 14 juni 2013 dan 15 juni 2013.




3.      Memberikan Ceramah di bulan Ramadhan.
      Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 10 juli 2013, 11 juli 2013, 12 juli 2013, 14 juli 2013, 16 juli 2013, 21-22 juli 2013, 25 juli 2013, 26 juli 2013, 2 agustus 2013, dan 3 agustus 2013. Berikut rincian pelaksanaan program ceramah di bulan ramadhan :
NO.
HARI/TANGGAL
PELAKSANA
TEMPAT
1.       
Rabu, 10 Juli 2013
Puji Berwandi
Mesjid Mawahiburrahman Bt.Kunit
2.       
Kamis, 11 Juli 2013
Puji Berwandi
Mushalla Bukit Gadang
3.       
Jum’at, 12 Juli 2013
Ifza Fernanda
Mesjid Mawahiburrahman Bt.Kunit
4.       
Minggu, 14 Juli 2013
Juliadi
Mesjid Mawahiburrahman Bt.Kunit
5.       
Selasa, 16 Juli 2013
Okhta Novia Sari
Mesjid Mawahiburrahman Bt.Kunit
6.       
Minggu, 21 Juli 2013
Rika Pratiwi
Mesjid Mawahiburrahman Bt.Kunit
7.       
Senin, 22 Juli 2013
Rika Pratiwi
Ifza Fernanda
Mushalla Bukit Gadang
8.       
Kamis, 25 Juli 2013
Puji Berwandi
Mesjid Mawahiburrahman Bt.Kunit
9.       
Minggu, 28 Juli 2013
Nina Rama Safputri
Mesjid Mawahiburrahman Bt.Kunit
10.   
Senin, 2 Agustus 2013
Puji Berwandi
Mushalla Bukit Gadang
11.   
Selasa, 3 Agustus 2013
Puji Berwandi
Mesjid Mawahiburrahman Bt.Kunit

4.      Ikut serta membantu di Posyandu
Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 16 juli 2013. Yakni mencatat berat badan, tinggi badan dan memberi asupan Gizi tambahan. Para ibu memperoleh informasi tentang cara pemberian ASI yang baik serta informasi mengenai makanan tambahan yang sehat dan bergizi. 

 
Gambar 4.1
(Mahasiswi KKN sedang menimbang berat badan bayi di Posyandu Batu Kunit).

5.      Tadarus Al-Qur’an
      Untuk  menyemarakkan gema ramadhan selesai melaksanakan shalat tarawih  diadakan kegiatan tadarus bersama dengan Remaja mesjid serta masyarakat, kegiatan ini adalah kegiatan yang rutin dilakukan setiap selesai shalat tarawih, kegiatan ini berjalan dengan baik.






6.      Perpisahan sekaligus Penyerahan Kenang – kenangan
Perpisahan dengan perangkat Wali Nagari Batu Kunik Lumpo sekaligus penyerahan kenang – kenangan pada Hari Jum’at tanggal 02 Agustus 2013 . 

Gambar 6. 1
( penyerahan kenang – kenangan yang di wakili
Oleh Sekretaris Nagari Batu Kunik Lumpo )
Perpisahan dan Penyerahan kenang – kenangan kepada jemaah Mushalla Nurul Akbar         Kp. Bukik Gadang Kenagarian Batu Kunik Lumpo pada hari Sabtu Tanggal 03 Agustus 2013 di Mushalla Nurul Akbar. 

Gambar 6. 2
( penyerahan Kenang – kenangan kepada jemaah Mushalla Nurul Akbar
 yang di terima oleh Pengurus Mushalla Nurul Akbar )
Perpisahan dengan Jemaah Mesjid Mawahiburrahman Kp. Batu Kunik Kenagarian Batu Kunik Lumpo sekaligus penyerahan kenang – kenangan pada hari minggu tanggal 04 Agustus 2013 di Mesjid Mawahiburrahman. 





Gambar 6. 3
( Perpisahan Sekaligus penyerahan kenang – kenangan Kepada
Jemaah Mesjid Mawahiburrahman yang diserahkan langsung oleh Suvervisor Hirdamli, M. Ag kepada pengurus Mesjid Mawahiburrahman )


Perpisahan dan Penyerahan kenang – kenangan kepada Kepala Kampung Batu Kunik yang diwakili oleh Ibu Kepala Kampung pada hari senin tanggal 05 Agustus 2013 bertempat di kediaman Bapak Kepala Kampung yang merupakan pemilik Posko KKN.


Gambar 6. 4
( penyerahan kenang – kenangan kepada ibu Kepala Kampung )










BAB V
PENUTUP
KESIMPULAN

     Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai kegiatan yang menintegrasikan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat difungsikan untuk menerobos keterbatasan-keterbatasan khususnya melalui pengemabangan masyarakat. Hal tersebut di nilai cukup tepat, karena KKN merupakan wahana bagi para mahasiswa mencoba mengembangkan aspek pragmatis ilmu pengatuan dan pengelolaan aplikasi ilmu agama maupun ilmu umum lainnya, teknologi dan seni dalam mengembangkan masyarakat. Upaya demikian akan memberikan kontribusi positif untuk menumbuhkan, mempercepat gerak, dan persiapan kader pembangunan masyarakat.
     Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Batu Kunit Lumpo Kecamatan IV Jurai, secara umum berhasil karena hampir seluruh program yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik. Ini semua disebabkan adanya partisipasi dari berbagai pihak seperti instansi pemerintah dan masyarakat dalam segala kegiatan yang dilaksanakan baik berupa material maupun moril.


No comments:

Post a Comment